Monday, December 16, 2013

PLTN

Well hari ini saya lagi iseng-iseng baca timeline twitter tiba-tiba nemu berita dari @republikaonline: BATAN Harap PLTN Dibangun 2015 http://republika.co.id/r/mxvvlw , saya retweet dengan doa, eh ga taunya di retweet lagi sama akun @dunianuklir hehe, penasaran saya buka akunnya dan baca-baca timelinenya, ada yang pro sama ada yang kontra sih, cuma ada salah satu akun yang berkata :

“PLTN dibuat hanya untuk kemakmuran Pengusaha bukan untuk rakyat banyak,subsidi BBM dinikmati pengusaha/ orang kaya sbg contoh nyata......... waduk jebol masih bisa diperbaiki.....bila PLTN jebol siapa yg mo jd pahlawan u perbaiki....semua cari kambing hitam..urusan selesai.....?? bwtlah pembangkit listrik yg berasal dr energi alam yg bisa didaur ulang n byk jumlahnya di negeri ini n tdk beresiko besar spt PLTN....”

Jujur saya miris dengan komentar diatas, saya termasuk yang pro dengan PLTN. Jadi saya pengen bahas tentang PLTN, berikut kutip-kutipan dari beberapa artikel yang saya kumpulkan: (ketauan males ngerangkum jadi copy linknya aja deh hehehe). Buat perbandingan PLTN dan PLTU bias dibaca di link di bawah ini:


menurut saya artikel blog di atas udah lumayan mewakili dan banyak sependapat dengan saya :p
buat lebih jelasnya dibawah ini rangkuman keuntungan PLTN yang saya ambil dari artikel lain
  1. Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca : pada PLTN tidak melakukan reaksi pembakaran bahan bakar fosil karena PLTN menggunakan Uranium sebagai bahan bakarnya dan menggunakan peluruhan untuk menghasilkan energi tersebut.
  2. Tidak mencemari udara : Tidak menghasilkan gas-gas yang mencemari udara seperti CO, SO2 , NO, mercury.
  3. Sedikit menghasilkan limbah padat
  4. Biaya bahan bakar rendah : Menggunakan bahan bakar yang relatif lebih murah dibandingkan pembangkit listrik tenaga lain karena pada PLTN digunakan bahan bakar yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan Pembangkit listrik lainnya. Untuk PLTN reaksi fusi, bahan bakar yang digunakan sangat melimpah di bumi . Dimana reaksi fusi ini menggunakan Hidrogen yang dapat dielektrolisis dari air yang sangat melimpah di bumi ini.
  5. Baterai nuklir : Rasio bahan bakar yang diperlukan dengan energi yang dihasilkan sangat besar.
Kekurangan PLTN:
  1. Risiko kecelakaan nuklir 
  2. Limbah nuklir
Saya pribadi setuju dengan dibangunnya PLTN karena, selain bisa memasok energy yang cukup banyak untuk satu negeri, hal ini juga dapat menghemat biaya, karena sebagian besar pasokan listrik kita berasal dari sumber daya yang menggunakan modal yang besar (BBM, batu bara), pemerintah harus memenuhi bahan bakar sebuah pembangkit listrik dengan membeli bahan bakar dari Negara lain alias impor, dari pada ngabisin duit buat impor bahan bakar, mendingan kita alokasiin uang Negara buat yang lain, missal buat pendidikan kesehatan, dll. Disamping itu Negara kita juga jadi ga ketergantungan sama Negara lain.
Jangan ngeliat dampak negatifnya aja, liat juga dampak positifnya dari PLTN yang jelas-jelas lebih banyak manfaatnya dibanding kekurangannya. Sepintas memang menggunakan PLTN berbahaya tapi itu dapat diminimalisir dengan pembuatan dan perancangan infrastruktur, penanggulangan resiko, dllnya dengan sebaik mungkin.
Kita liat jepang, amerika, mereka comfort dengan penggunaan PLTN. Jadi jangan picik, toh buat kebaikan kita juga. Saya percaya Indonesia punya ahli-ahli dan ilmuan yang terpercaya yang bisa mengembangkan Bangsanya. Selama ini para ilmuan banyak yang lari keluar negeri dibanding digunakan di Negara kita sendiri L. Ayo bangun PLTN, GO PLTN :D

Mohon maaf apabila banyak kesalahan atau penggunaan bahasa yang kurang sesuai saya hanya menyampaikan apa yang ada dipikiran saya hehe J salam J

Sumber
http://gopltnindonesia.blogspot.com/2010/11/keuntungan-dan-kerugian.html

No comments:

Post a Comment